Majelis Pengurus:

KH. HUSEIN MUHAMMAD

KH. Husein Muhammad

Kiai Husein adalah Anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina, memiliki perhatian pada kajian Islam dan gender, hukum Islam, dan tafsir al-Qur’an yang humanis dan adil gender.  Selain di Fahmina, suami dari Lilik Nihayah Fuady ini juga aktif sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Dâr al-Tauhîd Arjawinangun Cirebon, Komisioner Komnas Perempuan Jakarta, serta sebagai dosen Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Kiai Husein dikenal luas sebagai “kiai gender,” aktif sebagai narasumber dalam berbagai pelatihan, lokakarya, dan seminar, baik nasional maupun internasional. Kiai Husain juga pernah menerima penghargaan dari Bupati Kabupaten Cirebon sebagai Tokoh Penggerak, Pembina, dan Pelaku Pembangunan Pemberdayaan Perempuan (2003), dan Penghargaan Award for Heroism dari Pemerintah AS untuk “Heroes Acting To End Modern-Day Slavery” (Trafficking in Person) (2006).  Kyai Husein aktif juga menulis buku, modul, dan artikel di jurnal dan koran lokal dan nasional.

 


MARZUKI WAHID

Marzuki Wahid

Marzuki WahidMarzuki Wahid adalah Ketua Majelis Pengurus Yayasan Fahmina, memiliki perhatian pada kajian Islam dan gender, politik hukum, dan hukum keluarga Islam yang humanis dan adil gender.  Suami dari Lia Aliyah al-Himmah dan ayah dari Mohammed Ahda el-Musharraf dan Nilna Zahwa Zahara, ini juga akrab disapa “kang Zekky”. Selain aktif di Fahmina, kang Zekky juga menjadi Deputi Rektor dan dosen ISIF Cirebon, dan dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  Selama setahun (2008-2009), kang Zekky memperoleh scholarship untuk menulis Disertasi di Department of Political and Social Change, RSPAS, ANU Canberra Australia. Kang Zekky juga aktif sebagai narasumber dan fasilitator dalam berbagai pelatihan, lokakarya, dan seminar, terutama isu Islam dan gender, dan participatory action research (PAR). Sampai sekarang, kang Zekky masih aktif menulis buku, modul, dan artikel di jurnal ilmiah dan koran lokal dan nasional.

 


FAQIHUDDIN ABDUL KODIR

Faqihuddin Abdul Kodir

Faqihuddin Abdul Kodir adalah Anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina, memiliki perhatian pada kajian Islam dan gender, hukum Islam, dan kajian hadist yang humanis dan adil gender. Suami dari Mimin Mu'minah dan ayah dari Dhiya Silmi Hasif dan Isyqie bin-Nabi Hanif, ini akrab disapa kang Faqih. Dia juga pernah memperoleh scholarship untuk riset di Department of Political and Social Change, RSPAS, ANU Canberra Australia. Selain bekerja di Fahmina, Kang Faqih aktif sebagai dosen IAIN  Syekh Nurjati Cirebon dan ISIF Cirebon. Kang Faqih juga aktif sebagai narasumber dan fasilitator untuk isu Islam dan keadilan gender dalam berbagai pelatihan, lokakarya, dan seminar, baik nasional maupun internasional.  Di samping menulis di beberapa media lokal dan nasional, Kang Faqih juga pernah menulis beberapa buku tentang isu-isu penafsiran agama, gender dan advokasi sosial.

 


AFFANDI MOCHTAR

Affandi Mochtar

Affandi Mochtar adalah Anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina. Saat ini, lelaki yang akrab dipanggil kang Fandi ini adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI.  Di luar Depag, kang Fandi tetap menekuni minatnya dalam pengembangan masyarakat. Sejak tahun 2002, Kang Fandi menginisasi dan mengembangkan program kesehatan reproduksi remaja (Adolescent Reproductive Health) dalam skema South-South Collaboration antara Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) dengan beberapa lembaga di Malaysia, Thailand, dan India dengan sponsor dari European Commission. Di samping itu, Kang Fandi juga mengembangkan program enterpreunership bagi masyarakat berbasis pesantren. Melalui lembaga pendidikan Albiruni di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon, ia mewujudkan cita-citanya untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

 


 DEWI LAILY PURNAMASARI

Dewi Laily PurnamasariDewi Laily PurnamasariDewi Laily Purnamasari adalah Anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina. Ibu dari dua putera dan satu puteri ini akrab disapa Ibu Dewi. Selain di Fahmina, dia adalah seorang arsitek, peneliti, penulis buku cerita anak, aktivis dan ibu rumah tangga.  Dia aktif di Fahmina-institute sejak bergabung dalam program “Perbaikan Tata Kelola Kota Cirebon” bekerja sama dengan Partnership for Governance Reform pada tahun 2002 – 2004. Sejak tahun 2004 sampai sekarang, Ibu Dewi tinggal di Jakarta.  Di Jakarta, dia mendirikan Read’s House Kindly (RHK)  (rumah baca penuh kasih sayang), tempat anak-anak dan balita bisa belajar secara gratis.  Ibu Dewi juga masih aktif menulis dan sebagai moderator atau narasumber pendidikan.
 

KAMALA CANDRA KIRANA
 
Kamala Candra Kirana

Kamala Candra Kirana, biasa dipanggil Nana, adalah salah seorang anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina. Nana adalah seorang sosiolog dan peneliti sosial untuk isu perempuan, kemiskinan dan institusi lokal, dan pendiri berbagai organisasi termasuk JARI Indonesia yang melakukan gerakan development watch berbasis komunitas, Komite Independen untuk Penanggulangan Kemiskinan Struktural (KIKIS), Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Rahima, sebuah lembaga pendidikan hak perempuan dalam Islam.  Nana pernah menjadi Sekjen Komnas Perempuan dan Ketua Komnas Perempuan Tahun 2003-2006.

 


LIES MUSTAFSIRAH MARCOES-NATSIR
Lies Mustafsirah Marcoes-Natsir

Sosok yang akrab disapa mbak Lies, ini adalah Anggota Majelis Pengurus Yayasan Fahmina. Ia juga salah seorang penggerak feminisme Islam pertama di Indonesia.  Pada tahun 1992, mbak Lies melakukan workshop pertama tentang Islam dan gender di Indonesia dan mbak Lies kini menjadi salah satu trainer di Indonesia yang menguasai metode pendidikan orang dewasa berperspektif gender. Ia pernah bergabung dengan Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) di Jakarta untuk mengembangkan program penguatan hak reproduksi perempuan dan program Fiqh an-Nisa’ sebagai cikal bakal pengembangan isu gender dan Islam di Indonesia. Mbak Lies juga aktif menulis didasarkan pada penelitiannya. Pada tahun 1999-2000, mbak Lies mendapatkan MA dalam bidang antropologi kesehatan dari University of Amsterdam. Hasil penelitiannya telah dipublikasikan, baik dalam jurnal nasional maupun internasional.


Badan Pelaksana:

 

NURUL HUDA SA

hudaNurul Huda SA adalah Direktur Yayasan Fahmina. Huda menyelesaikan studi Pascasarjana (S2) bidang Manajemen dan Kebijakan Pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebelumnya, ia aktif di  LKiS dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.  Sekitar sepuluh tahun menjadi kolumnis tetap di SKH. Bernas Yogyakarta, tulisannya pernah dimuat hampir oleh semua media cetak (koran, majalah, tabloid) di Indonesia. Mantan  ketua umum PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) IAIN Sunan Kalijaga ini, juga terlibat di beberapa lembaga dalam pelatihan, penelitian dan pemetaan pendidikan.

 

 


IKLILAH  MUZAYYANAH  DINI  FAJRIYAH

Iklillah Muzayyanah Dini Fajriyah, akrab disapa Iik, bekerja sebagai Manajer Pesantren Gender Fahmina-institute. Perempuan kelahiran Jember, 1 Januari 1977, ini selain tengah sibuk menjalani studi S3-nya Antropologi di PPs FISIP Universitas Indonesia (UI), Iik juga sebagai staf pengajar di Program Pasca Sarjana Kajian Wanita UI, konsultan penelitian perspektif Gender PSG STAIN Parepare Sulawesi Selatan, Dosen  STAI NU Jakarta, serta aktif menjadi fasilitator dan narasumber berbagai pelatihan sensitifitas gender, analisis gender serta penelitian perspektif perempuan. Dari sekian penelitian yang pernah dilakukannya, beberapa di antaranya adalah bersama tim need assessment Fahmina-institute, tentang ”Gambaran Santri Muda Perempuan terhadap Pengetahuan dan Kesadaran tentang Kesehatan Reproduksi,” tahun 2010. Penelitian tentang ”Stereotype Perempuan Dan Ulama Fikih; Studi atas `illah al-hukm Fuqaha terhadap Hukum Ijbâr”. Bersama tim rapid assessment ”Kemitraan Polisi dan Masyarakat berbasis Pesantren dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan Trafiking di Wilayah III Cirebon”, tahun 2008.  penelitian tentang ”Ijbar dalam Pemahaman dan Praktek; Studi atas Pandangan Kiai terhadap Tradisi Perjodohan di Pesantren Nisa’ Pasuruan Jawa Timur,” tahun 2007. Di tahun 2007-2008, dia pernah menjadi Assistant Editor Jurnal Asosiasi Peneliti Sosial Keagamaan  Indonesia (APSKI), sampai sekarang juga masih aktif di Bidang Penelitian dan Pengembangan PP Fatayat NU. Dia juga telah menulis sekitar 8 buku, menulis di jurnal-jurnal dan media massa. Buku terakhirnya berjudul Membangun Sensitifitas Gender dalam Pendidikan di Madrasah; Modul untuk fasilitator; Pustaka Stainu, kerjasama LP3M STAINU dengan European Union (2008), sebagai penulis bersama Siti Marhamah Mujib dan Wawan Djunaedi.


MARZUKI RAIS

zukiMarzuki Rais adalah Manager Pengembangan Pendidikan. Zuki, demikian sapaan akrabnya, merupakan lulusan Pesantren Dar al-Tauhid Arjawinangun, Marzuki termasuk salah satu generasi awal penyanggah berdirinya Fahmina.  Pendidikan terakhirnya (S1) ia tempuh di STAIN Cirebon, Jurusan Ushuluddin, Prodi Akidah Filsafat, lulus tahun 2004. Selama di Fahmina, dia berpengalaman  mengelola berbagai program dan kegiatan, di antaranya sebagai koordinator kajian untuk isu-isu keagamaan, Manager Program Islam dan Demokrasi, serta memimpin program Fahmina-institute di Nanggroe Aceh Darussalam setelah  musibah Tsunami.  Marzuki juga produktif dalam karya tulis dan penelitian, seputar isu demokrasi, gender, dan sosial keagamaan. Di samping itu, dia juga aktif dalam menggerakkan Forum Lintas Iman dan organisasi sosial kemasyarakatan dan kepemudaan di Cirebon, seperti GP Ansor, KNPI, dan  ICMI Muda. Sekarang, dia menjabat tugas sebagai Manajer Departemen Islam dan Demokrasi (Isdem), dan Departemen Penguatan Otonomi Komunitas (POK) di Fahmina-institute serta Kepala Biro di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF), lembaga pendidikan tinggi milik Yayasan Fahmina. Saat ini sedang proses menyelesaian S2 di UIN Syarif Hidayatullah dalam kajian Studi Islam.


ROSIDIN

rosidinRosidin adalah Manager Program. Rosidin bergabung dengan Fahmina-institute sejak tahun 2001 dan salah satu generasi pertama penyanggah berdirinya Fahmina. Rosidin juga berpengalaman sebagai aktivis dan peneliti, khususnya dalam bidang HAM dan advokasi.  Dia pernah mendampingi kasus korban tragedi '65, TKW, dan korban kekerasan berbasis agama dan keyakinan. Selain itu, ia pernah menjadi Manager Program Jaringan Kerja untuk Pemantauan dan Advokasi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan Jawa Barat di Bandung. Pendidikan S1-nya diperoleh di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon, Jurusan Syari’ah, prodi Ahwal al-Syakhshiyyah. Dan pendidikan S2-nya  diperoleh di UIN Sunan kalijaga, Prodi Studi Agama dan Filsafat dengan Konsentrasi Studi Agama dan Resolusi Konflik. Ia pernah mondok di PP. Miftahul Huda Cirebon dan PP. al-Ikhlas Weru  Cirebon. Beberapa hasil karyanya telah diterbitkan melalui media lokal dan kampus.

 


SATORI

satoriSatori adalah Manager Departemen Keuangan. Dia juga menjabat sebagai Bendahara Pengurus Yayasan Fahmina. Pendidikan S1 ditempuhnya di STAIN Cirebon, lulus tahun 1999. Sebelum bergabung dengan Fahmina pada tahun 2005, Satori bekerja di  Yayasan Sukses Mandiri  (1999-2000) dan  Yayasan Sajadah Indonesia  (2001-2002) sebagai staf administrasi, kemudian di PT. Sajadah Multimedia Artistika (2002-2003) sebagai staf keuangan, dan di PT. Widya Sinergi Indonesia Jakarta (2003-2004) sebagai Manager Keuangan. Selama bekerja di Fahmina, Satori bertanggung jawab atas pengelolaan dana dari beberapa lembaga funding, termasuk untuk program Fahmina yang sudah berjalan lama seperti program pengembangan radio komunitas dan penanggulangan trafiking. Satori juga bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Institut Studi Islam Fahmina (ISIF).

 


 ALIMAH

alimahAlimah adalah Manager Departemen Data Informasi dan Media (Depdaim). Alimah pertama kali bergabung dengan Fahmina pada tahun 2008. Pendidikan Pascasarjananya ditempuh di Paramadina Graduate Schools (PGS) Jakarta untuk Studi Komunikasi Politik 2011-2012, sedangkan pendidikan S1-nya ditempuh di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) lulus tahun 2007. Pengalaman sebelumnya adalah sebagai reporter Harian Umum SOLOPOS di Kota Solo tahun 2007, dan Reporter Tabloid Sunan Kalijaga News (Suka-News) di Penerbitan Suka-Press UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2005-2007.

 

 


ROHMAN

maman

Rohman, biasa dipanggil Maman, Manager Kerumahtangaan. Pendidikan terakhirnya ia tempuh di SMP Klayan Cirebon, lulus pada tahun 1991. Setelah itu, dia bekerja di beberapa tempat di hampir seluruh Jawa dan Bali sebagai driver.  Setelah kembali ke Cirebon, dia bergabung dengan Fahmina pada tahun 2005.  Sekarang, di samping tugas sehari-hari sebagai driver, dia juga terlibat dalam Radio Komunitas Desa Klayan yang difasilitasi oleh  Fahmina-institute (sebelum berubah menjadi Yayasan Fahmina).

 

 


OBENG NUR ROSYID

obengObeng Nur Rosyid adalah Manager Pengembangan Ekonomi. Obeng, demikian sapaan akrabnya, pertama kali bergabung dengan Fahmina-institute tahun 2003 sebagai Staf Program Islam dan Penguatan Otonomi Komunitas (IsKom), kemudian menjadi Manager Program IsKom, pernah sambil merangkap Koordinator Manager Lembaga Fahmina. Saat ini, selain tugasnya sebagai Manager Kerumahtanggaan dan Kawasan Kampus, dia juga mengelola lembaga pendidikan milik Yayasan Fahmina, yakni SMK Buana Bahari Cirebon. Obeng lulus S1 Fakultas Hukum di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Dia memiliki keahlian pengorganisasian komunitas dan advokasi.  Pada tahun 2006 sampai dengan 2007, dia berperan mendampingi para pedagang kaki lima (PKL) Cirebon hingga akhirnya memperoleh penghargaan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pemberdayaan PKL.  Beberapa hasil karyanya telah diterbitkan di media lokal dan menulis beberapa buku, termasuk Bukan Kota Wali (2007), dan Islam dan Jurnalisme Kemanusiaan: Rekam Jejak Pengembangan Jurnalisme Radio Berbasis Komunitas (2008).


 

Staf:

 MUNAWIR

agus

Munawir adalah staf  Departemen Data Informasi dan Media (Depdaim). Munawir yang biasa dipanggil Agus ini  selama di Yayasan Fahmina sebagai pengelola Perpustakaan Baytul Hikmah, Ia juga berpengalaman sebagai Staf Sekretariat Yayasan Fahmina.  Agus menempuh studi D3  di STIMIK WIT (Website Informatika Technology) Cirebon dan lulus tahun 2010. Dia juga pernah mondok di beberapa pesantren, yaitu di PP. Tebuireng Jombang tahun 1997-2000 dan di PP. al-Amien Prenduan Madura tahun 2000-2005.  Saat ini, Agus di Fahmina-institute mengelola Perpustakaan “Baytul Hikmah” ISIF.

 

 


 ALIFATUL ARIFIATI

alif

Alifatul Arifiati adalah staf Departemen Program. Alif bergabung dengan Fahmina secara resmi pada tahun 2008, tetapi sebelumnya Alif sering terlibat dalam berbagai kegiatan Fahmina. Pendidikan terakhirnya adalah S1-Pendidikan bahasa Inggris di STAIN Cirebon. Alif pernah mengajar Bahasa Inggris di MTs Nurul Islam Slatri Jawa Tengah dan menjadi Tim Survey Lembaga Penelitian Communication Swamedia Research (CSR) Jakarta tahun 2008.  Sebelum bergabung dengan Fahmina, Alif aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), termasuk sebagai Ketua KORPRI dan Sekretaris PMII Cabang Cirebon.  Sekarang, ia mengelola Program Anti-Trafiking.

 

 


 

MUHAMMAD ZAENAL FANANI

meMuhammad Zaenal Fanani, biasa dipanggil Anand, adalah staf Departemen Data, Informasi dan Media (Depdaim) untuk IT, desain dan layout. Asli Banyuwangi Jawa Timur ini pernah mengenyam pendidikan tinggi di AMIK Poltek Jurusan Managemen Informatika Cirebon, lulus tahun 2000. Ia juga pernah nyantri di PP. Salafiyyah Syafi’iyah Situbondo tahun 1993-1996, dan di PP. Dar al-Tauhid Arjawinangun Cirebon sejak tahun 1996-sekarang. Sebelum bergabung dengan Fahmina-institute,  ia pernah bekerja di salah satu perusahaan sebagai designer grafis.

 

 


 ABDUL GANI HASYIM

ganiAbdul Gani Hasyim adalah staf Departemen Data, Informasi, dan Media (Depdaim). Gani pertama kali bergabung dengan Fahmina pada tahun 2007. Pendidikan terakhirnya ia tempuh di SMA Sindang Laut Cirebon tahun 1995. Sebelum bergabung dengan Fahmina, pernah menjadi staf security Insalatur Ratelindo Jakarta dan  Security HSBC.

 

 

 


 IHABUDDIN

ihab

Ihabuddin adalah staf Kerumahtangaan. Pakde' Ihab, biasa dipanggil, pertama kali bergabung dengan Fahmina pada tahun 2001 sebagai salah satu distributor pertama Warkah al-Basyar dan sampai saat ini ia tetap menjadi distributor. Pendidikan terakhirnya diselesaikan di SMA PGRI Losari Cirebon pada tahun 1985. Sebagai staf penjaga malam, Pakde' Ihab memberikan pelayanan sangat baik terhadap para tamu dan staf Fahmina yang lembur di kantor.

 

 


 INI SUARTINI

iniIni Suartini adalah staf Departemen Keuangan. Setelah menyelesaikan studi D3 di Computer Institute Cirebon (CIC) Jurusan Akademi Perdagangan Widya Darma tahun 2003, Ini langsung bergabung dengan Fahmina sebagai Sekretaris. Sejak tahun 2006 sampai sekarang, Ini menjadi kepercayaan Satori dalam pengelolaan keuangan program dan lembaga.

 

 

 


 DEVY PRASETYA AMALIAWATI

mphotPerempuan yang akrab disapa Devy ini adalah salah satu Staf Departemen Keuangan. Perempuan aseli Subang, ini menamatkan pendidikan D3 Jurusan Komputerisasi Akuntasi pada Tahun 2007S1 di Politeknik LPKIA Bandung, serta S1 Sistem Informatika pada Tahun 2008 di Lembaga yang sama. Devy bergabung dengan Yayasan Fahmina pada Tahun 2010. Sebelumnya, dia bekerja di CV. Duta Sarana Informasi, PT. Mega Central Finance, PKL di PT Bulog Pabuaran, dan PKL di PT Bulog Subang.

 

 


MA
IMUNAH MUDJAHID

mamayMaimunah Mudjahid, biasa dipanggil Mamay, Mamay adalah salah satu keluarga besar Buntet Pesantren pertama kali bergabung dengan Fahmina pada tahun 2007. Pendidikan terakhirnya ia tempuh di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jurusan Sastra Inggris, lulus tahun 2005. Mamay pernah menjadi Pengajar Bahasa Inggris di Lembaga Toefl Indonesia (LTI) pada tahun 2001-2005 dan sekarang menjadi Dosen Bahasa Inggris di STAIN dan ISIF Cirebon.  Semasa kuliah, Mamay aktif sebagai aktivis lingkungan alam.  Pada tahun 2005 dan 2006, dia pernah mengikuti Connect Conference di Swiss dan  Friends of the Earth Seminar di Jerman dan Belanda.  Sekarang, dia berpindah fokus pada pemberdayaan santri muda dan mahasiswa melalui penguatan keilmuan dan kapasitas.  Di Fahmina saat ini, Mamay menangani program kesehatan reproduksi bagi mahasiswa.

 


ROZIQOH SUKARDI

ikoh

Roziqoh Sukardi, biasa dipanggil Ikoh, bekerja di Fahmina. Saat ini sedang proses menyelesaikan s2-nya di UNY Yogyakarta. Ikoh pertama kali bergabung dengan Fahmina sejak tahun 2001, termasuk salah satu generasi awal penyanggah berdirinya Fahmina.  Pendidikan Diploma Tiga (D3) ia selesaikan di STIKOM Poltek Cirebon, lulus tahun 2003. Selain itu, ia juga pernah mengikuti program Tahfidh al-Qur’an di Pondok Pesantren al-‘Arafat Gintung Lor Cirebon sejak SD sampai Madrasah Aliyah. Beberapa hasil karyanya telah diterbitkan di Warkah al-Basyar dan Blakasuta.  Sebagai Manager Departemen Islam dan Gender, dia pernah mengawal beberapa program yang berjalan lama termasuk program Anti-Trafiking dan Program Pemberdayaan Perempuan Pesantren Pasca Tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam.  Rozikoh pernah mengikuti studi banding Perpolisian Masyarakat di Bangladesh (2008).

 


Kontributor

ALI MURSYID

ali

iAli Mursyid adalah Staf Lepas Fahmina dalam bidang penelitian. Ali pertama kali bergabung dengan Fahmina sebagai Redaktur Pelaksana Warkah al-Basyar pada tahun 2002. Selain itu, ia juga pernah mengelola program Radio Komunitas sebagai koordinator untuk bidang kajian dan wacana, dan sebagai steering committee program Jaringan Kerja Pemantauan dan Advokasi Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan Jawa Barat. Sekolah S1-nya ia tempuh di IAIN Yogyakarta dalam bidang studi bahasa Arab, dilanjutkan dengan S2-nya di UIN Bandung dengan Jurusan Kajian al-Qur’an. Kini sehari-hari dosen IIQ Jakarta.  Beberapa hasil karyanya telah dimuat di beberapa media lokal dan kampus. Hasil karya lainnya adalah buku al-Qur’an, Hermeneutika dan Kekuasaan, hasil penelitiannya bersama kawan-kawannya di Bandung, dan bersama tim, ia menulis buku Islam dan Jurnalisme Kemanusiaan: Rekam Jejak Pengembangan Jurnalisme Radio Berbasis Komunitas yang diterbitkan oleh Fahmina Institute tahun 2008.

 


JOANNE McMILLAN

joJoanne McMillan bekerja di Fahmina-institute sebagai translator dan editor.  Dia bergabung dengan Fahmina sejak bulan Oktober 2007-2009, dalam rangka program Australian Volunteers International.  Joanne pernah mendapat gelar honours dari University of New England, Australia, dalam bidang Kajian Indonesia, dan sekarang sedang ikut kursus S2, Masters of Applied Anthropology and Participatory Development, di Australian National University, Canberra.  Selain sebagai penerjemah, Joanne juga menjadi konsultan untuk website, meningkatkan kapasitas memperluas jaringan, mempromosikan gagasan-gagasan kelembagaan ke dunia internasional dan mengajar Bahasa Inggris secara informal di Fahmina-institute.

 
 

Resensi Buku

 

Nalar Islam Nusantara

Berdasarkan studi terhadap ormas-ormas Islam di Indonesia dapat diketahui adanya kecenderu...

 

Post-tradisionalisme Islam dan Tradisi NU

Tradisi dalam NU dan pesantren tidak bisa disamakan begitu saja dengan tradisi gerakan Isl...

Add to Google

Statistik

Anggota : 225
Konten : 1021
Web Link : 12
Jumlah Kunjungan Konten : 1594764

Yang Online

Kami memiliki 10 Tamu online