Penguatan Otonomi Komunitas

E-mail Cetak PDF
Nama Program
:
Pengembangan Jurnalisme Kemanusiaan Islam Berbasis Komunitas
Alokasi waktu
:
Program ini tetap berlangsung.
Tujuan
:
Lahirnya sejumlah stasiun radio komunitas, yang dimanfaatkan oleh masing-masing komunitas sebagai media untuk mewujudkan kehidupan sosial di tingkat komunitas yang demokratis, toleran dan berkeadilan  dalam tatanan kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Wilayah Kerja
:
Wilayah Cirebon yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. 
Deskripsi Kegiatan :
1. Kursus Pengkaderan Ulama Humanis
Kursus ini diikuti kader-kader muda pesantren dan para ustadz yang memiliki penguasaan literatur klasik Islam yang ada di komunitas. Kursus ini merupakan pendidikan penguatan risalah sosial Islam dalam mengentaskan problem kemiskinan, ketimpangan, ketidakadilan dan marjinalisasi minoritas.

2. Pelatihan Penggerak Komunitas
Pelatihan ini merupakan pendidikan dan penguatan bagi mitra fahmina-institute yang sudah melakukan kerja-kerja komunitas dalam memfasilitasii keberdayaan mereka. Kerja-kerja komunitas yang dikembangkan dalam pelatihan ini, difokuskan pada upaya penggunaan radio komunitas sebagai media utama dan pusat aktivitas.

3. Pengembangan Radio Komunitas
Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi ketersediaan komunitas terpilih, dalam mengembangkan radio komunitas, baik pendirian secara fisik maupun pelayanan dalam bentuk program-program siaran radio untuk kepentingan komunitas.

Kegiatan ini mencakup empat hal;

  • Fasilitasi pendirian radio komunitas
  • Pengembangan program radio komunitas, yang berupa pemberitaan, ceramah dan talkshow, tentang isu-isu komunitas dengan perspektif jurnalisme kemanusiaan dan Islam.
  • Penerbitan newsletter Blakasuta sebagai media antar pengelola radio komunitas dan anggota komunitas.
  • Pertemuan jaringan tiga kali dalam setahun, bagi para penggerak dan pengelola radio komunitas.

4. Penerbitan Buku Jurnalisme Kemanusiaan Islam Berbasis Komunitas.
Kegiatan ini merupakan kumpulan pemikiran dan pengalaman dari kerja-kerja selama dua tahun dalam mengelola program pengembangan jurnalisme kemanusiaan Islam untuk radio komunitas. Dengan diterbitkan buku ini, diharapkan akan menjadi media pembelajaran bagi aktivis radio komunitas dan media lain dalam menjalankan programnya


 

Resensi Buku

 

Nalar Islam Nusantara

Berdasarkan studi terhadap ormas-ormas Islam di Indonesia dapat diketahui adanya kecenderu...

 

Post-tradisionalisme Islam dan Tradisi NU

Tradisi dalam NU dan pesantren tidak bisa disamakan begitu saja dengan tradisi gerakan Isl...

Add to Google

Statistik

Anggota : 765
Konten : 1021
Web Link : 11
Jumlah Kunjungan Konten : 1579948

Yang Online

Kami memiliki 12 Tamu online