Daftar Pemilih Tetap dalam Pilbup Cirebon Tidak Valid

Pemilihan Bupati Kabupaten Cirebon telah digelar pada Minggu (26/10) lalu.  Dalam Pilbup kali ini, jumlah pemilih yang terdaftar di KPUD tercatat 1.510.669 orang. Meski jumlah penduduk perempuan lebih banyak, faktanya jumlah pemilih perempuan yang terdaftar lebih sedikit dari pemilih laki-laki.  Pemilih laki-laki berjumlah 761.285 orang, sedangkan pemilih perempuan berjumlah 749.384 orang. Pilbup ini berlangsung aman, damai dan kondusif.

Meski demikian Kordinator JPPR kabupaten Cirebon Jamaludin Muhammad memberi beberapa catatan kritis terhadap pelaksanaan Pilbup kab. Cirebon ini. Pertama, catatan kritis mengenai tidak validnya daftar pemilih tetap (DPT). Memang di sejumlah desa sudah ada penambahan DPT, namun tetap tidak valid sesuai dengan fakta mutakhir. “Kesalahan-kesalahan yang muncul seperti nama-nama fiktif, penduduk sudah meninggal tetapi masih terdaftar, atau kesalahan penulisan nama, tanggal lahir, atau alamat, masih  saja seringterjadi.” Terang Jamal.

JPPR menyayangkan pelbagai persoalan terkait dengan DPT kembali muncul. Dalam hal ini, nampak jelas bahwa KPUD tidak melakukan validasi jumlah DPT, dan masih mengacu pada DPT lama (DPT Pilgub) yang memang bermasalah.  Akibatnya tidak sedikit hak-hak politik warga yang tidak tersalurkan, bertambahnya angka Golput,  dan rendahnya tingkat partisipasi dan  kesadaran politik masyarakat. “Ke depan JPPR berharap KPUD lebih serius lagi dalam menangani persoalan DPT. Jangan sampai persoalan serupa muncul kembali pada Pemilu 2009. Di samping KPUD, JPPR juga menghimbau kepada partai politik untuk lebih intens dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat” tuntut Jamal.

JPPR juga melihat banyak TPS yang tidak memasang DPT, gambar calon, dan tata cara pencoblosan. Akibatnya, tidak sedikit kartu suara menjadi rusak (salah mencoblos). Di samping itu, JPPR juga menemukan fakta bahwa di banyak TPS,  masih menggunakan logistik bekas Pilgub.

Terkait partisipasi pemilih, JPPR menilai meskipun tingkat partasipasi masyarakat Kab. Cirebon pada Pilbup kali ini  tidak jauh berbeda dengan Pilgub kemarin, namun di sebagian besar TPS antusiasme masyarakat sedikit ada peningkatan. [ ]

 

Add comment


Security code
Refresh

Pemikiran Buya Husein


MENGANGKAT TRADISI UNTUK KEADILAN DAN KEMANUSIAAN

28/11/2013 | KH Husein Muhammad
  Kondisi kehidupan bersama masyarakat dalam negara-bangsa dalam satu dasawarsa ini tengah mengalami krisis multidimensi yang akut. Berbagai problem sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan agama terus mendera-dera bangsa ini. Reformasi tahun 1998 yang semula diimpikan sebagai pintu masuk untuk membuka jalan...
Joomla! Україна

Resensi Buku

 

Nalar Islam Nusantara

Berdasarkan studi terhadap ormas-ormas Islam di Indonesia dapat diketahui adanya kecenderu...

 

Post-tradisionalisme Islam dan Tradisi NU

Tradisi dalam NU dan pesantren tidak bisa disamakan begitu saja dengan tradisi gerakan Isl...

Feed RSS

feed-image Feed

Add to Google

Statistik

Anggota : 765
Konten : 1021
Web Link : 11
Jumlah Kunjungan Konten : 1580052

Yang Online

Kami memiliki 10 Tamu online